Tutorial cara youtube banyak view & subscriber

Pada postingan ini saya akan membagikan tutorial cara youtube banyak view & subscriber. Postingan ini awalnya hanya dibagikan kepada pelanggan jasa bikin website dari channel youtube, namun akhirnya saya buka sajalah kepada siapapun yang mau tau lebih dalam. Toh, saya dapat ilmu baru ini dari berbagai kursus online yang bertebaran di youtube dan kursus dari pemain youtube bule (berbayar).

Yang mau dibuatkan website dari channel youtube, silakan hubungi saya dengan klik tautan di atas.

Tutorial ini bukan sekedar teori saja. Saya telah mengaplikasikan cara-cara di dalam postingan ini dan berhasil mendapatkan puluhan ribu viewer per video, secara organik. Organik di sini artinya penontonnya dari youtube (pencarian atau video rekomendasi) dan pencarian google (serta search engine lainnya).

Cara setting youtube biar banyak yang nonton

Mari setting channel kamu dari awal. Tutorial ini saya dapatkan dari kursusnya Matt Par yang berbayar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentukan dulu niche channel yang mau kamu buat

Menentukan niche channel adalah bagian yang paling penting. Youtube lebih menyukai channel yang membahas satu permasalahan atau tema saja.

Sebagai contoh channel: antsCanada yang khusus membahas tentang memelihara semut saja. Kamu bisa lihat jumlah subscribernya 4,25 juta. Padahal hanya membahas tentang semut.

Lihat juga berapa estimasi penghasilannya:

Estimasi penghasilan perbulan dikisaran $2.2K sampai $34.5K. Menurut pengalaman youtuber bule, penghasilan dari statistik di atas dikisaran: ($34.5K-$2.2K)/2 atau di kisaran $16.15K atau 226 jt Rupiah. Wow bangetkan!?

Untuk itu tips pertama untuk kamu yang mau memulai channel adalah tetapkan dulu tema besarmu. Mau bahas ikan cupang, maka bahaslah ikan cupang saja atau mau membahas tentang anjing herder, bahas anjing herder saja.

Tapi kalau temanya sempit, bagaimana cara mencari idenya? Tenang saja. Baca sampai selesai ya!

2. Cari niche dengan CPM tinggi

Poin kedua ini untuk yang lebih advance. Memang ada niche-niche yang menghasilkan CPM tinggi. CPM ini adalah penghasilan perseribu iklan tayang. Mau diklik atau tidak diklik kita akan dapat dollar dari nilai CPM.

CPM $1 berarti setiap kali iklan tayang 1000 kali, kamu akan mendapatkan $1 dari video tersebut.

Nilai CPM bervariasi, dari recehan ($0,25 per 1000 view) sampai puluhan dollar per1000 view.

Selain CPM ada juga CPC. CPC adalah bayaran perklik. Jika iklan kamu diklik orang, maka kamu akan mendapatkan dollar sesuai dengan nilai CPCnya. Semakin besar nilai CPC, semakin besar juga dollar yang kamu dapatkan.

Jangan search google untuk mencari niche mana yang menghasilkan dollar besar. Kalau kamu search google, hasilnya akan keluar niche-niche yang sudah “basi”, misalkan: asuransi, keuangan, kesehatan, dll.

Jadi caranya bagaimana? Gunakan tools ahrefs (berbayar ya). Melalui ahrefs, kamu bisa mengintip niche apa yang memberikan CPC tinggi. Kapan-kapan akan saya jelaskan mengenai ahrefs.

3. Setting desain channel kamu

Sudah menentukan tema atau niche channel, saatnya atur channel kamu. Branding dan desain agar channel lebih cepat berkembang. Apa saj alangkah-langkahnya:

  1. Tentukan nama channel

Menentukan nama channel ini juga penting. Branding namanya. Semakin mudah nama channel kamu dikenali maka semakin banyak pencariannya.

Bagaimana menentukan nama channel? Gunakan nama niche kamu kemudian beri imbuhan kata yang menarik. Contoh AntsCanada tadi. Nichenya tentang ants (semut) ditambah imbuhan Canada. Contoh lain misalkan animasinopal. Nichenya animasi brandnya nopal. Coba kalau channel ini menggunakan nama nopal saja, pasti orang tidak tau kalau channelnya tentang animasi lucu.

Oh ya, semakin sedikit jumlah huruf di dalam channel semakin baik. Semakin mudah juga orang mengenali. Untuk itu, hindari juga menggunakan angka.

2. Setting youtube art

Cari ide video

Cara melihat potensi video

Backlink ke video

upload rutin

cari tag?

Cara buat judul dan deskripsi

Exit mobile version