Apa Itu Print On Demand

Yang dimaksud dengan Print On Demand adalah suatu bentuk bisnis cetak-mencetak atau print ke berbagai media yang baru akan dibuat setelah adanya permintaan. Sesuai namanya, diprint sesuai permintaan.

Produk print on-demand tidak terbatas hanya di media kertas seperti cetak buku, kartu nama atau poster namun termasuk media lain seperti kaos, jaket, sarung bantal hingga di atas mug.

Ini artinya, kita bisa membuat desain yang di-mock-up otomatis oleh website Print On-Demand, kemudian kita pasarkan. Jika ada yang membeli, segala urusan mulai dari produksi, pengemasan, pengiriman dan keluhan akan diurus oleh pihak print on-demand. Kita mendapatkan hasil dari selisih harga kita dibandingkan harga produksi.

Kelebihan Bisnis Print On-Demand

Ada banyak kelebihan print on-demand dibandingkan usaha lain, secara singkat sebagai berikut:

  • Kita tidak perlu stok barang, tidak perlu mengurus pengiriman, tidak perlu melayani komplain (jika ada). Semua dilayani platform print on-demand
  • Kita bisa mengatur sendiri keuntungan yang kita inginkan.
  • Pembeli dari berbagai negara (bule), biasanya pasar yang gurih adalah pembeli dari Amerika Serikat, Inggris (dan eropa barat), Kanada dan Australia.
  • Bisnis ini bisa berjalan tanpa modal.
  • Tidak ada minimal order. Pesanan satuan pun tetap dilayani.
  • Bisnis ini bisa dijadikan pasif income.
    Kita tinggal membuat desain yang bagus (bagus menurut selera bule) sebanyak-banyaknya sehingga banyak yang laku juga. Jika tidak bisa desain bagaimana? Kami beri tahu juga tekniknya di website Ilmubaru.com.
  • Fokus kita tinggal memasarkan desain kita. Bahkan beberapa platform, seperti amazon dan teespring, akan secara aktif memasarkan desain kita. Baca postingan kami tentang tutorial teespring.

Tapi tentunya bisnis Print On-Demand tidak semudah itu. Kalau sangat mudah, semua orang bakalan bisnis ini . Ada beberapa hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke bisnis ini.

Mau tahu lebih dalam tentang model bisnis ini? Silakan baca artikel ini sampai habis ya. Kita akan membahas mengenai apa Print On Demand dalam bahasa Indonesia. Gak bakal nyesal deh

Bagaimana cara kerja Print On-Demand

Ada banyak website yang berfokus pada usaha print on demand ini, baik dalam maupun luar negeri. Pada tulisan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang “print sesuai permintaan” ini.

Bisnis Print On Demand mirip dengan Dropship tetapi berbeda

Hampir mirip dengan dropship tetapi berbeda. Apa saja kesamaannya?

Kesamaan Print On Demand (POD) dengan dropship antara lain:

  1. Sama-sama tidak menggunakan modal
    Jika pesanan masuk, barulah kita menghubungi vendor. Semua diurus oleh vendornya, mulai dari produksi, pegemasan, pengiriman hingga pelayanan komplain. Ini sebabnya kedua bisnis ini banyak disukai.
  2. Tidak perlu stok barang
    Berbeda dengan reseller. Jika distributor, agen atau reseller harus menyetok barang, POD dan dropship tidak demikian. Semua barang sekali lagi

Seberapa untung POD

Print on demand dapat memberikan kita hasil yang besar namun ada syaratnya. Kita haruslah bermain kuantitas dari pada hanya kualitas. Bayangkan 1 desain kita (yang kualitas bagus) bersaing dengan ribuan desain dengan tema yang sama, maka kaos kita tidak akan stand out.

Jadi kuncinya adalah membuat banyak desain dengan kualitas yang tetap bagus juga.

Lakukan analisa kaos apa saja yang laku dijual kemudian produksi dalam jumlah yang cukup banyak.

Kalau kamu berhasil membuat banyak desain dan menghasilkan, maka kamu bisa mendapatkan pasif income.

Melalui Teespring misalnya. Di teespring kamu dapat menentukan berapa keuntungan yang kamu dapatkan dari menjual kaos. Bisa kamu seting mulai $5, $7 atau $10.

Ada banyak orang bule yang berhasil mendapatkan ratusan dollar setiap bulan melalui bisnis ini.

Contoh POD Luar Negeri

  1. Teespring
  2. Merch By Amazon
  3. Redbubble
  4. Printfy
  5. Tee
  6. Yang lainnya

3 teratas adalah yang kami rekomendasikan, lebih tepatnya 2 di atas.

Contoh POD Dalam Negeri

  1. Tees.co.id
  2. Ciptaloka

Kesimpulan

Print On Demand adalah suatu bentuk bisnis cetak-mencetak atau print ke berbagai media yang baru akan dibuat setelah adanya permintaan. Sesuai namanya, diprint sesuai permintaan.

Bisa sukses berbisnis ini jika kamu mempunyai skill: desain yang bagus dalam jumlah banyak dan kemampuan memasarkan produkmu sendiri misalkan melalui fb ads.