Lima Penemuan Mengagumkan yang Penemunya Tidak Mendapatkan Sepeserpun

Posted on

Di sekitar kita terdapat banyak sekali buah karya dari penemu yang secara sengaja, ataupun tak sengaja, tidak mendapatkan sepeserpun kontribusi karnyanya.

Hal ini karena berbagai macam sebab. Bisa karena keikhlasan penemunya agar penemuannya dapat memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi umat manusia, ada juga yang alpa, lupa mencantumkan hak paten, sehingga orang lain lah yang mengambil keuntungan dari penemuan tersebut.

Spesial di IlmuBaru.com, berikut adalah Lima penemuan mengagumkan yang penemunya tidak mendapatkan hasil apapun darinya,


Vaksin Polio 

Polio, atau poliomielitis, adalah penyakit menular yang melumpuhkan dan berpotensi mematikan. Hal ini disebabkan oleh virus polio. Virus menyebar dari orang ke orang dan bisa menyerang otak orang terinfeksi dan sumsum tulang belakang serta menyebabkan kelumpuhan (tidak bisa menggerakkan bagian tubuh).

penemu vaksin polio 

Penemunya adalah Jonas Salk. Dia menemukan vaksin untuk polio dan memilih untuk tidak mematenkannya, sehingga lebih banyak orang mampu membelinya, yang menelan biaya sekitar USD $ 7 MILIAR.

Meski dia meleset untuk menjadi milyader, jasa-jasanya tidak akan terlupakan bagi umat manusia.


World Wide Web 

Ini adalah salah satu alasan kita dapat membaca teks ini. Sir Tim Berner Lee pada awalnya ingin membuat ‘www’ sebagai platform bisnis berbayar namun segera menyadari potensi sebenarnya dari ‘www’, yaitu jika tiap orang dapat menggunakannya secara bebas dan tanpa perlu ijin ataupun membayar royalty.

Penemu WWW

Sebagai catatan, world wide web adalah koleksi teks, gambar, suara, dan video yang saling berhubungan di dalam internet dan memakai protokol HTTP.

Awalnya Sir Tim merasa frustrasi karena harus mengakses berbagai macam layanan yang berbeda untuk merujuk pada penelitian lain dan menciptakan sistem hypertext yang dikenal dengan INQUIRE untuk membantu mempermudah penelitian yang dia butuhkan.

Meskipun awalnya, diluncurkan sebagai read-only, kemudian perlahan berkembang ke web yang memungkinkan pengguna membuat dan mempublikasikan situs mereka sendiri dan situs yang kita kenal sekarang.


Berlian Sintetis

Adalah berlian yang diproduksi dalam proses buatan, berlawanan dengan berlian alami, yang diciptakan oleh proses geologi. Berlian sintesis diciptakan dengan tekanan dan suhu tinggi, sebelum ditemukan, tidak ada yang bisa menentukan bagaimana prosesnya untuk membuat berlian sintesis ini.

penemu berlian sintesis

Namun tidak bagi Tracy Hall. Pada saat itu dia bekerja di General Electric dan setelah beberapa ratus kali percobaan yang melelahkan terkait campuran yang harus ditambahkan, tekanan serta suhu yang pas, akhirnya Dr. Hall menemukan komposisi yang tepat untuk membuat berlian sintesis seperti yang kita kenal sekarang.

Namun sayangnya penemuan ini menjadi milik perusahaan yang mempekerjakannya, dan meskipun General Electrik mendapatkan keuntungan jutaan dollar darinya, Dr.Hall hanya mendapatkan konpensasi sebesar 10 dollar pinjaman tabungan.


Pulpen 

Atau disebut juga dengan Ballpoint atau bolpen diciptakan setelah penemunya Laszlo Biro lelah dengan desain pena tinta pada saat itu yang kerap mengotori tangan dan membuat noda di kertasnya.

Penemu Pulpen

Mr. Biro adalah seorang jurnalis dan mengamati tinta koran kering jauh lebih cepat daripada tinta pena yang harus dialirkan dari ujung penanya ke kertas, sementara tinta untuk koran terlalu tebal untuk pena, sehingga tidak memungkinkan untuk dipakai langsung di pena.

Setelah beberapa kali desain dan percobaan, Mr. Biro menggunakan ‘bola’ sebagai pemisah antara tinta dan kertas, sehingga tinta dapat mengalir ketika pulpen ditekan ke kertas dan menutup ketika diangkat, sehingga tinta tidak cepat mengeras dan dapat digunakan kembali.

mata pulpen

Tak sempat untuk mengambil keuntungan darinya, Mr. Biro menjualnya ke pemilik perusahaan Bic yang mana perusahaan tersebut mengambil keuntungan terbanyak darinya dengan penjualan 100 milyar pulpen sejak saat itu.


Fidget Spinner 

Catherine Hettinger, penemunya, telah lama menemukan permainan yang mirip dengan fidget spinner ini. Diklaim telah lama dikonsepkan dan tidak sempat untuk memperpanjang hak paten karena keterbatasan biaya, akirnya berujung semua orang bisa membuat fidget spinner tanpa harus ijin ke Ms. Hettinger, menyebabkan wanita ini harus kehilangan potensi milyaran dollar hasil penjualan Fidget Spinner yang menjadi fenomena global.

penemu fidget spinner original

Bahkan Ms. Hettinger membuat halaman KickStarter nya sendiri untuk menjual classic Spinnernya dan tiap orang dapat menyumbang $5000 untuk dapat bertemu dengannya di Orlando. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Spinner buatannya ini berbeda dengan Spinner yang sedang ngetren saat ini, jadi apakah Ms. Hettinger hanya ingin mencari sensasi dari penjualan yang sedang booming?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *